Pengertian Statistik dan Statistika

Pengertian Statistik dan Statistika

Mujereslibresyenpaz –┬áMateri Kali ini akan dibahas pengertian dan perbedaan statistik dan statistik. Mungkin banyak yang belum mengetahui arti statistika dan statistika, dan mungkin banyak yang beranggapan bahwa keduanya memiliki definisi yang sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan statistik dan statistik yang cukup mendasar dan signifikan dalam hal definisi, fungsi, tujuan dan klasifikasi.

Definisi statistik dan statistika

Statistik adalah sekumpulan data yang berupa angka maupun non angka yang berkaitan dengan masalah tertentu yang disusun dalam bentuk tabel, daftar bahkan diagram lainnya.

Dengan kata lain statistik merupakan hasil pengolahan data yang telah disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan sejenisnya.

Statistik dimaksudkan untuk memfasilitasi interpretasi data dan penggunaannya untuk tujuan tertentu.

Proses evaluasi dalam statistik dilakukan apabila suatu dataset diperoleh apabila data diperoleh dari wawancara langsung atau wawancara tidak langsung yang telah diolah dalam proses statistik.

Wawancara langsung atau bisa disebut data primer adalah data yang diambil secara langsung dengan cara menelusuri objek penelitian secara individu maupun kelompok. Misalnya, saat kami mewawancarai penonton bioskop sebagai bagian dari survei presentasi film arus utama.

Pemeliharaan tidak langsung atau bisa disebut data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari hasil objek penelitian. Dalam hal ini peneliti dapat memperoleh data yang telah dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara, baik komersial maupun nonkomersial.

Contoh wawancara tidak langsung adalah ketika kita melihat hasil survei surat kabar yang kemudian akan digunakan dalam penelitian statistik.

Statistik diperjelas dalam dua bagian, sebagai berikut:

  • Statistik ketika mendeskripsikan data (angka atau tidak) dalam bentuk tabel, grafik, diagram dan lain-lain. Hal yang sama berlaku untuk statistik produksi, statistik populasi, statistik harga, dan statistik lainnya.
  • Statistik ketika mendeskripsikan suatu item data untuk merepresentasikan objek tertentu atau dapat berupa sampel dan populasi sebagai suatu ukuran.

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis dan menafsirkannya, serta menggunakannya untuk menyajikan data.

Dengan kata lain, statistika adalah suatu metode ilmiah untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis penyajian data, menginterpretasikannya, serta menyajikannya.

Statistik juga digunakan untuk mendapatkan citra yang diperoleh dari sekumpulan data yang telah dipelajari, sehingga dapat ditarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.

Dalam ilmu statistika ada dua metode yaitu survey dan eksperimen. Dimana keduanya akan mempelajari efek eksplanatori dan perubahan perilaku atau bisa juga respon yang dihasilkan dari perubahan data secara keseluruhan.

Statistik diperjelas dalam dua bagian, sebagai berikut:

Statistik deskriptif

Statistik deskriptif merupakan statistik yang hanya dapat digunakan untuk mendeskripsikan atau menganalisis suatu kelompok data tanpa dibekali untuk menarik kesimpulan tentang besarnya kelompok yang ada.

Statistik deskriptif sering disebut sebagai deskripsi data yang digunakan untuk menghitung varians data mentah dan terkelola, bahkan sampai pada titik di mana data tersebut dijelaskan melalui tabel, grafik, atau bagan untuk membuat data lebih jelas dan mudah dipahami.

Statistik inferensi

Statistik inferensi adalah statistik yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sekelompok data hingga dapat ditarik kesimpulan untuk menentukan signifikansi statistik yang telah diolah atau dihitung.

Statistik inferensi sering disebut sebagai statistik induktif dan digunakan dalam pemodelan data dan pengambilan keputusan berdasarkan analisis data. Misalnya untuk memprediksi masa depan, menguji hipotesis dan membuat model hubungan.

Perbedaan antara statistik dan statistika

Secara umum, statistik dan statistik dapat digunakan untuk memecahkan masalah data. Istilah “statistik” dalam bahasa Inggris, yaitu statistik, berbeda dengan “statistik” atau (statistik), walaupun terlihat sama. Akan tetapi, kedua elemen ini terkait satu sama lain tetapi memiliki arti yang berbeda.

Pada pembahasan di bawah ini, kita akan membahas perbedaan statistik dan statistik ditinjau dari berbagai aspek seperti pemahaman, tujuan, metode studi, serta klarifikasi statistik dan statistik. Agar lebih mudah dipahami, perbedaan tersebut akan dijelaskan dalam bentuk tabel. Untuk tabelnya bisa dilihat di Sudutpintar.com

Artikel yang Direkomendasikan