Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A15

Mujereslibresyenpaz – Selain OPPO A11k, OPPO juga meluncurkan produk A-series lainnya pada November 2020, yakni OPPO A15. Ponsel ini masih entry level dan dibanderol mulai Rp 1,9 jutaan untuk varian memori yang tersedia. Dengan harga segitu, OPPO A15 seharusnya bisa bersaing dengan kompetitor yang cukup kuat.

Jika Anda berencana untuk membeli ponsel ini, Anda dapat membaca pembahasan di bawah ini tentang beberapa kelebihan dan kekurangan ponsel ini di mata kami. Sebelum membaca lebih lanjut, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu spesifikasi OPPO A15 berikut ini.

Keunggulan OPPO A15

Apakah OPPO A15 layak dibeli dengan harga Rs 1,9 crore? Beberapa keunggulan berikut dapat dipertimbangkan sebelum membeli.

1. Bodi ringan dan elegan elegant

Inilah salah satu keunggulan utama OPPO A15. Dibandingkan beberapa pesaing utamanya, OPPO A15 lebih unggul dari segi desain dan konstruksi. Bobotnya ringan (175 gram) dengan ketebalan hanya 7.9mm, sehingga nyaman digenggam saat digunakan sehari-hari.

Desain juga bisa termasuk dalam kategori banyak orang. Alih-alih tampil hidup dengan gradasi atau pola bertekstur, OPPO A15 lebih memilih tampil dengan desain yang solid dan elegan dalam dua pilihan warna dasar: hitam dan putih. Desain kamera juga tampaknya sesuai dengan desain ponsel secara keseluruhan, yang mungkin memberikan kesan sedikit lebih unggul.

2. Penampilan mengkilap

Layar OPPO A15 juga sedikit lebih baik dalam hal kecerahan dibandingkan beberapa produk pesaing. Ponsel ini menawarkan kecerahan khas 480 nits, yang memungkinkan keterbacaan yang baik di siang hari. Kecerahan OPPO A15 bekerja dengan kecerdasan buatan, yang mempelajari preferensi pengguna dan secara otomatis menyesuaikan kecerahan.

3. Masa pakai baterai yang lama

OPPO A15 dibekali baterai 4230mAh yang tahan lama. Baterai dapat memberi daya pada perangkat sepanjang hari dengan sekali pengisian penuh.

OPPO mengklaim baterai OPPO A15 mampu bertahan hingga 16 jam untuk menonton video HD online atau hingga 6 jam untuk bermain game. Sementara itu, fungsi Super Nighttime Standby akan mempelajari pola tidur pengguna dan mengurangi konsumsi daya di malam hari.

Kekurangan OPPO A15

Meski terlihat cukup meyakinkan, namun OPPO A15 memang menunjukkan sejumlah kelemahan di beberapa area penting. Dengan banyaknya produk pesaing yang menawarkan metrik yang lebih baik, OPPO harus bekerja keras untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa produknya layak untuk dimiliki.

Dengan mengacu pada perbandingan dengan berbagai produk pesaing dengan harga yang sama, seperti realme C15 (3/64 GB) dan Redmi 9 (4/64 GB), inilah beberapa kekurangan OPPO A15.

1. Memori penyimpanan kecil

Dibandingkan dengan dua lawan sebelumnya, OPPO A15 hadir dengan memori penyimpanan terkecil, yaitu 32GB, meskipun mendukung slot microSD tambahan, ini jelas dapat menjadi salah satu penentu utama yang harus diperhitungkan oleh calon pengguna.

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat saat ini, idealnya sebuah ponsel memiliki memori penyimpanan minimal 64 GB, cukup untuk menyimpan berbagai data yang diperlukan, seperti aplikasi, media, dan sejenisnya.

2. Tidak ada kamera ultra lebar

OPPO A15 juga sedikit kalah bersaing dalam hal kamera dibandingkan realme C15 dan Redmi 9. Dalam konfigurasinya tidak menyertakan lensa ultra-wide yang mampu menangkap lebih asyik. Sementara realme C15 dan Redmi 9, masing-masing menawarkan sensor kamera tambahan, mereka menawarkan lensa ultra lebar 8 MP.

3. Tidak mendukung pengisian cepat

Ukuran baterai OPPO A15 sudah cukup baik, di atas standar saat ini. Namun, baterainya hanya mendukung pengisian 10W, yang berarti butuh waktu lama untuk mengisi daya dari kosong hingga penuh. Sebagai ilustrasi, Anda dapat melihat perbandingan isian pada gambar di atas.

Di sisi lain, realme C15 dan Redmi 9 hadir dengan baterai yang lebih besar, masing-masing 5020 mAh dan 6000 mAh. Mereka juga mendukung pengisian cepat 18W dengan kecepatan yang andal.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru

Artikel yang Direkomendasikan