Bahan Kain Fleece

Bahan Kain Fleece

Mujereslibresyenpaz –┬áBahan fleece sudah pasti dikenal karena fleece sering digunakan sebagai bahan untuk seragam atau jaket formal. Kain ini merupakan produk akhir dari produk tekstil dan merupakan tiruan dari wol, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk sweater, sprei dan selimut. Fleece merupakan salah satu primadona di industri tekstil. Ini karena bahan ini ramah lingkungan, banyak peminatnya dan merupakan bahan yang bagus untuk jaket. Kain fleece terbuat dari bahan baku benang wool imitasi (20%), yang kemudian dipadukan dengan bahan lain seperti polyester dan serat kapas (80%).

Kombinasi ini dikenal di pasaran sebagai bulu poliester. Selain itu, ada fleece yang terbuat dari kombinasi kapas bambu dan fleece yang dikenal dengan istilah bamboo fleece. Proses produksi bulu domba cukup unik karena benang rajutan dipelintir menjadi kain. Ukuran benang dan rajutan nantinya akan menentukan ketebalan bulu domba. Seutas benang dengan ukuran numerik rendah menghasilkan bulu yang lebat. Sedangkan benang dengan diameter yang lebih besar menyebabkan bulu domba lebih ringan dan halus.

Karakteristik kain bulu domba

Ciri bahan fleece yang sering digunakan oleh konveksi seragam adalah benang yang lebih ringan, lebih halus, dan bercahaya daripada kain dengan warna yang sama. Setelah dipakai, bulu domba menjadi lembut, sedikit berbulu dan nyaman. Tingkat ketebalannya juga berbeda-beda dan berkisar dari yang paling kecil sampai yang paling kasar dengan kelenturannya tersendiri. Zat ini memiliki sirkulasi yang baik dibandingkan zat lain, seperti kain baby terry. Kain ini juga mampu menyerap keringat, panas dan air dengan baik, sehingga menjadi bahan jaket yang tidak panas. Tingkat elastisitasnya juga sangat baik dimana pakaian berbahan kain ini tidak mudah lepas.

Keunggulan bahan bulu domba

Sebagai bahan yang sering digunakan untuk jaket dan sweater, fleece memiliki beberapa keunggulan. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

Harga relatif murah

Keuntungan yang paling terlihat dari bulu domba adalah harganya yang murah. Karena harganya yang murah, kain ini banyak dipilih oleh para pengusaha di bidang konveksi. Kamu juga bisa mendapatkan jaket berbahan fleece premium yang keren dengan harga murah.

Mudah mengering

Tidak seperti bahan jaket lain, seperti denim, bulu domba sangat mudah mengering. Tidak peduli bagaimana Anda mencuci dan mengeringkannya, zat ini bisa cepat kering. Karena kelebihan kain bukan tenunan ini sangat cocok digunakan di daerah yang sering hujan atau berudara lembab misalnya di daerah pegunungan. Fleece juga merupakan isolator yang bagus untuk tubuh, bahkan saat basah. Ini karena kain fleece memiliki kemampuan bernapas yang baik, yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Kain yang memiliki serat seperti bulu domba juga bisa menghangatkan Anda.

Elastis dan tahan lama

Diketahui juga bahwa fleece memiliki tingkat kelenturan yang cukup baik. Kainnya mudah dilipat meski dalam bentuk jaket tebal. Meski berat badan bertambah, baju atau jaket fleece tetap bisa dipakai karena cukup fleksibel. Fleece juga nyaman, tidak menyebabkan iritasi atau gatal, meski dipakai dalam waktu lama. Jika Anda menggunakan jaket yang terbuat dari bahan katun fleece, kain ini memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu kelebihannya adalah tahan lama dan tahan lama. Semakin lama Anda mengenakan pakaian berbahan fleece, tingkat kelembutannya tidak berkurang, semakin lembut.

Kekurangan Bahan Fleece

Selain manfaat bulu domba, Anda harus mengetahui kekurangan zat ini sebelum membeli. Apa yang hilang dari bulu domba?

Tidak tahan angin

Salah satu kelemahan dari bulu domba adalah hambatan anginnya yang rendah. Fleece adalah kain yang menyisakan bagian di mana angin dapat dengan mudah masuk dan keluar. Meski demikian, kain ini bisa memberikan kehangatan bagi pemakainya, terutama karena lapisannya yang berbulu.

Mereka mudah ditarik oleh rambut dan terkena debu

Jika Anda memiliki rambut panjang, mengenakan sweater atau jaket bulu domba bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Hal ini dikarenakan bulu domba memiliki bagian luar yang berbulu, baik di bagian dalam, sehingga memudahkan untuk mencabut rambut. Bukan hanya rambutnya, lapisan-lapisan rambutnya juga memudahkan debu pada bulu domba.

Proses pencuciannya mengganggu

Seperti bahan pakaian lainnya, jaket fleece membutuhkan perawatan yang cermat jika ingin memiliki jaket jaket yang tahan lama. Cara perawatan yang bisa Anda lakukan bukanlah mencuci dengan pemutih atau pewangi. Kedua bahan ini dapat mengganggu kemampuan air dalam menyerap air. Jika ingin mencucinya di mesin cuci, ada baiknya jika mesin cuci di set pada kecepatan paling rendah dan suhu paling rendah. Ingatlah untuk membalikkan pakaian fleece agar bagian luarnya berada di dalam agar tidak mudah rusak.

Bagian luarnya mudah terkelupas

Kerugian lain dari bulu domba adalah mudah terkelupas. Selain kotoran ringan, bulu domba harus dipakai dengan hati-hati. Ini agar bagian luar tidak mudah terkelupas. Pengupasan diperlukan karena berlangsung lambat seiring waktu, meski Anda jarang mencucinya.

Kurang cocok digunakan pada suhu ekstrim

Meski mampu menghangatkan tubuh, namun bulu domba tidak cocok digunakan di daerah dengan suhu ekstrim, seperti pegunungan dengan derajat negatif Celcius. Jika Anda mengunjungi daerah dengan suhu ekstrim seperti ini, sebaiknya Anda hanya mengenakan pakaian berbahan wol. Diketahui juga bahwa bulu domba memiliki rasio panas terhadap berat yang cukup besar untuk mempengaruhi bobotnya. Jika Anda tidak menyukai pakaian yang berat, maka tidak disarankan untuk mengenakan jaket berbahan fleece.

Artikel yang Direkomendasikan